Habiskan Liburan Anda di Taman Nasional Ini

Selain wisata lautnya sudah terkenal, Indonesia juga terkenal dengan taman-taman nasionalnya yang banyak, taman nasional merupakan tempat dimana banyak hewan hewan dilindungi di sana. Mungkin bagi Anda para pecinta traveling yang telah mengunjungi banyak tempat seperti air terjun, pantai, gunung, hingga deretan tempat permainan bola gelinding pada berbagai kota seluruh bagian Indonesia ini merupakan hal biasa.

Akan tetapi ada beberapa taman nasional yang sepatutnya Anda kunjungi selagi Anda masih muda, setidaknya Anda mengunjungi taman tersebut, setidaknya sekali seumur hidup Anda. Karena setidaknya ada lebih dari 10 taman nasional di Indonesia populer serta sering dikunjungi oleh kebanyakan orang. Mari kita bahas beberapa taman tersebut.

10 Taman Nasional Indonesia

Taman Gunung Leuser
Mungkin beberapa dari Anda sudah pernah mengunjungi taman nasional ini. Taman gunung Leuser ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfer menjadi pusat lokasi konservasi dan pembangunan keanekaragaman hayati. Taman gunung Leuser terdiri dari beberapa ekosistem di dalamnya mulai dari hutan pantai, hutan hujan tropis, dataran rendah, hingga pegunungan.

Taman gunung Leuser terletak dalam pulau Sumatra tersebut masih memliki banyak sekali binatang liar, seperti gajah, harimau, bahkan badak Sumatra. Bila kita beruntung, ketika sedang berjalan menyusuri hutan lebat gunung Leuser, kita akan menemukan gajah Sumatra dan orang utan Sumatra, karena masih banyaknya hewan tersebut di taman gunung leuser. Ada baiknya Anda mengunjungi taman tersebut pada bulan Juni sampai Oktober.

Taman Nasional Way Kambas
Masih di pulau Sumatra, taman Way Kambas merupakan salah satu taman nasional tertua yang ada di Indonesia. Taman Way Kambas juga merupakan tempat penangkaran gajah ini terletak di kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Taman Way Kambas memiliki luas 125.621 hektar.

Tempat tersebut memliki ekosistem terdiri dari dataran rendah, rawa-rawa, padang ilalang hingga hutan pantai. Taman Way Kambas telah dibuka sejak tahun 1985 memiliki lebih dari 200 gajah ditangkarkan dan serta masih banyak lagi gajah liar lainnya. Sebaiknya kita mengunjungi nasional ini pada bulan antara Juli sampai September.

Taman Nasional Ujung Kulon
Jika sebelumnya membahas tentang taman nasional memiliki gajah yang begitu banyak kali ini akan membahas tempat dimana habitat badak jawa populasinya saat sekarang hanya tinggal beberapa ekor saja. Maka dari itu di taman Ujung Kulon kita akan sangat kesulitan untuk menemukan badak jawa liar meskipun merupakan tempat perlindungan badak jawa yang habitatnya tinggal beberapa puluh ekor saja.

Pulau Peucang merupakan gerbang dari taman ujung kulon, jika beruntung kita akan menemui babi dan monyet liar dalam pulau Peucang. Pulau Peucang merupakan tempat paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Waktu berkunjung terbaik pada taman Ujung Kulon adalah pada bulan April sampai September.

Taman Nasional Kepulauan Seribu
Mungkin bagi saudara yang belum tahu, bahwa sebenarnya Jakarta juga memiliki taman nasional. Yaitu taman kepulauan seribu, taman tersebut terletak pada 45 KM sebelah utara Jakarta. Taman kepulauan tersebut memiliki 78 pulau besar dan kecil kepulauan seribu memiliki banyak sekali jenis karang.

Setidaknya ada 54 jenis kerang keras dan lunak 3 kelompok ganggang, 144 jenis ikan serta masih banyak lagi lainnya. Kepulauan seribu juga merupakan tempat bertelurnya penyu hijau serta penyu sisik yang tergolong sebagai binatang langka dan dilindungi.

Itulah beberapa taman nasional yang bisa kita kunjungi saat sedang ingin menikmati liburan di tempat sunyi