Fakta-fakta Tersembunyi Dieng, Bikin Merinding!

Dataran tinggi dieng terletak di pulau Jawa, berada di kota Wonosobo Jawa Tengah. Dataran tinggi tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, khususnya dipulau Jawa. Bagaimana tidak, berbagi potret keindahan surga terhampar dengan megahnya dikawasan ini.

Mulai dari keindahan taman bunga Daisy berada di Gunung Prau, hingga telaga yang memiliki aneka warna. Meskipun sudah menjadi rahasia umum mengenai keindahannya, ternyata tidak semua orang mengetahui fakta-fakta tersembunyi di negri atas awan Penasaran? Simak infomasi berikut ini.

Dieng Memiliki Desa Tertinggi

Seperti namanya, dieng merupakan negri atas awan populer dengan keindahannya. Banyak sekali fakta tersembunyi yang belum terpercahkan mengenai kota ini. Salah satunya yaiu ternyata dieng memiliki desa tertinggi. Jika biasanya seserong harus mendaki gunung untuk bisa melihat keindahan alam begitu nyata, namun bagaimana jika Kamu menetap pada ketinggian yang bisa disama ratakan dengan ketinggian gunung? Tepat sekali di dieng terdapat desa tertinggi. Desa ini dikabarkan berada diketinggian 2300 mdpl lho! Menakjubkan sekali bukan? Bahkan desa tersebut sampai dinobatkan sebagai desa tertinggi di pulau Jawa.

Gingseng Khas Jawa Di Dataran Tinggi Dieng

Selain menemukan desa tertinggi, dieng juga memiliki gingseng khas Jawa. Sebenarnya nama tanaman ini purwaceng, namun karena tanaman ini menyerupai gingseng maka sering disebut-sebut sebagi gingseng khas jawa. Purwaceng awalnya dapat ditemukan diseluruh pulau jawa, namun karena alam mulai berubah, akhirnya tanaman ini hanya bisa tumbuh dikawasan dataran tinggi saja. Untuk bisa menikmati khasiat dari gingseng jawa sambil main dadu https://hokiku88.win/, biasanya para penduduk mengolahnya menjadi bubuk. Cara menyajikannya bisa dicampurkan kedalam kopi atau susu. Bagaimana rasanya? Silahkan coba sendiri!

Dibulan Tertentu Akan Ada Buih-buih Es

Masih banyak fakta tersembunyi di dataran tinggi dieng. Diantaranya yaitu akan ada buih-buih es dibulan juli hingga agustus. Diantara kedua bulan tersebut, akan ditemukan es-es menempel pada sekeliling tanaman, rumah, bangku taman, dan lain sebagainya. Bayangkan sendiri bagaimana dinginnya jika berada disana. Dikabarkan bahwasanya pada bulan tersebut suhu dieng mencapai 0 derajat! Wah bagi orang Indonesia kondisi sangat dingin, siap-siap jaket tebal jika Kamu hendak mengunjungi dataran tinggi dieng dibulan-bulan tersebut.

Dieng Memiliki Buah Unik Yang Hanya Bisa Didapatkan Disana

Fakta tersembunyi selanjutnya yaitu dieng memiliki buah unik yang hanya bisa ditemukan disana. Buah tersebut bernama buah carica, bentuk dan teksturnya menyerupai buah pepaya, akan tetapi berukuran lebih kecil. Biasanya penduduk setempat mengolah buah tersebut menjadi manisan, dan minuman kemasan. Dengan begitu para wisatawan yang mengunjungi dataran tinggi dieng akan lebih mudah jika ingin membawa pulang buah unik yang hanya dimiliki dieng ini sebagai buah tangan.

baca juga https://www.sftravelinfo.com/wisata-lampung-ternyata-indah-kesini-yuk/

Dieng Dipercaya Sebagai Tempat Para Dewa-dewa

Fakta tersembunyi lainnya belum banyak diketahui adalah dieng ternyata dipercaya sebagai tempat para dewa-dewa. Usut punya usut nama dieng berasal dari dua kata yaitu ‘di’ dan ‘hyang’. ‘Di’ artinya tempat yang tinggi, sedangkan ‘hyang’ artinya khayangan. Meskipun sudah menjadi tempat wisata dan terbuka untuk umum, namun sejarah ini tidak boleh dihilangkan.

Terlebih ada berbagai candi dan juga mitos rambut gimbal yang menjadi bukti nyata bahwa dewa pernah hidup di dataran tinggi yang satu ini.

Demikian tadi berbagai fakta-fakta tersembunyi mengenai dataran tinggi dieng, selamat berlibur dan semoga bermanfaat.